Atijembar .ods.org

:: server eksperimental :: sering gagal diakses

Selamat datang — dan barangkali terdampar — di Atijembar.

Apabila sebelumnya atau setelah kesempatan ini saudara gagal lagi mengakses situs Web ini, saya minta maaf.
Saya menjamin bahwa server ini sesekali atau malah seringkali tidak bisa diakses, karena kendala teknis dan non-teknis.

Sebagai bengkel kecil, tempat ini berisi banyak pekerjaan yang saya lakukan. Terutama yang masih bersifat eksperimental atau pada fase pengembangan, sebagian yang lain masih pre-publikasi, dan kalaupun ada yang operasional, bersifat tempat titipan untuk menekan biaya penempatan materi (hosting) serendah mungkin.

Halaman yang terpasang:

Piksi-L
Koleksi bahan-bahan dari mailing-list Piksi-L

Piksi-L

Pada akhir bulan Februari 2003 lalu, mailing-list Piksi-L terkena musibah: tiba-tiba lenyap dari daftar di Yahoogroups dan semua urusan administrasi — dari mengirim email sampai arsip — lenyap seketika. Jika diakses lewat Web, pesan yang muncul hanya kalimat singkat, There is no group called piksi-l. Dikirimi email juga gagal dengan kondisi serupa. Namun anehnya, apabila hendak dibuat grup baru dengan nama yang piksi-l ditolak dengan alasan nama tersebut sudah terpakai. Jadi seolah-olah daftar nama tersebut tetap tersimpan namun statusnya tidak dapat diakses.

Setelah dilakukan korespondensi beberapa kali dengan staf layanan pemakai di Yahoo!, kami hanya mendapatkan informasi di bawah ini.

Hello,

Thank you for writing to Yahoo! Groups.

Yahoo! may, in appropriate circumstances and in its sole discretion,
terminate Groups that appear to have violated the Yahoo! Terms of
Service (TOS).

Please feel free to visit the Yahoo! Terms of Service at:

   http://docs.yahoo.com/info/terms/

Thank you again for contacting Yahoo! Customer Care.

Regards,

Yahoo! Customer Care   
http://www.yahoo.com/
35508995

Sejauh yang saya ketahui di Piksi-L belum pernah terjadi diskusi yang melanggar TOS Yahoo!, misalnya pernyataan yang ofensif terhadap pihak ketiga atau terjadi lalu-lintas perangkat lunak ilegal. Setelah dikonfirmasikan beberapa kali lewat email dengan Asep Abdurohman terdapat dugaan bahwa keributan yang sempat terjadi pada mailing-list yang dikelola dia boleh jadi menimbulkan masalah pada akoun Asep dan Piksi-L terkena akibat juga.

Tentu saja hal di atas baru dugaan dan kalau pun benar yang patut disayangkan adalah keputusan Yahoogroups yang terlalu mudah memberangus sebuah mailing-list hanya karena salah satu moderator dianggap punya masalah dengan mailing-list lain yang diurus.

Karena lenyap secara tiba-tiba itulah, satu-satunya arsip yang dapat digunakan adalah isi kotak surat yang saya miliki. Saya tidak menjamin hal itu paling lengkap, karena terkadang kalau ada email berisi spam dihapus dari kotak surat. Namun sekurangnya inilah yang dianggap lumayan.

Keuntungan lain dari koleksi amatir ini adalah pada saat pemulihan alamat email anggota Piksi-L. Dengan perintah pendek di Linux, daftar anggota dapat dipulihkan relatif gampang dan cepat.

Klik di sini untuk menikmati arsip Piksi-L