[PIKSI] ORACLE

From Anzar Pradityo <anzar @ somewhere.in.the.world>
Date Fri, 16 Jul 1999 23:50:42 +0700
Sender owner-piksi-l @ somewhere.in.the.world

Assalamu alaikum

Apa kabar semua? Kok kayaknya belakangan ini, piksi-l kelihatan sepi..??

Gue boleh nanya nggak, terutama buat yang ngerti ORACLE.
Gue pengen mencoba mereorg (reorganization) database oracle. 1st trial, gue mereorg satu table beserta indexnya. Hasilnya, tadinya table terdiri dari 2 extent, menjadi 1 extents. Yang gue nggak ngerti kok, banyak bloknya jadi lebih banyak sehingga sizenya meningkat?? Harusnya tidak berubah, kan?!!

2nd trial, gue mereorg satu tablespace. Hasilnya nggak jauh beda dengan yang di atas. Yaitu semua object menjadi satu extent. Tapi bloknya meningkat. Ada yang bisa menjelaskan??

Pertanyaan selanjutnya, parameter -next itu gunanya menentukan apa sih?

Pertanyaan berikutnya lebih teknis ke AIX (yang saya kurang sekali pengetahuannya). Kalau nggak salah, database oracle itu membentuk logical volume ya? Misalnya /dev/..something.. yang dimount pada suatu directory (mis, oracle\sapreorg\) Bener nggak? Nah, misalnya logical volume itu telah dibuat x GB. Bisa nggak sih kalau kita mau ubah menjadi y GB dimana x > y (kata lain: mengecilkan logical volume). Isunya sih, nggak bisa. Terus.. gimana caranya.

Mudahan seluruh cerita di atas dimengerti oleh kawan2 karena saya juga masih belajar. Sebenarnya, tujuan utama dari pertanyaan di atas adalah.. di kantor gue mau mengupgrade SAP dan oraclenya. Oleh karena itu kamu butuh beberapa space extra. Dari pada beli harddisk baru, mendingan mereorg database yang lama, dengan harapan kita bisa 'gain' free space.

Thanks for everything.

Wassalamualaikum

Anzar

PS: Si Isa kemana sih?? Ada yang bisa menghubunginya? Home phone no. or HP?