Re: [PIKSI-L] concurrent dual link run on cisco

From mochammad irzan <irzanm @ somewhere.in.the.world>
Date Mon, 16 Apr 2001 08:59:26 +0700
Sender mochammad irzan <irzanm @ somewhere.in.the.world>
User-agent Mutt/1.2.5i

tujuan menggunakan dua link ke network yang sama adalah untuk redundansi dan/atau load balancing. dan tidak perlu menggunakan BGP, yang penting routing-nya.
jika digunakan dynamic routing protocol, seperti RIP, OSPF, EIGRP, IGRP, IS-IS atau bahkan BGP, jika dikonfigurasi untuk redudansi, jika salah satu link-nya jatuh, maka link yang lain akan mengambil alih secara otomatis tanpa intervensi administrator, jika digunakan static route, kita bermain dengan administrative distance,. jalur dengan administrative distance terkecil akan digunakan sebagai jalur utama, dan static route melalui jalur yang lain menggunakan administrative distance yang lebih besar akan mengambil alih jika jalur utamanya mati.
jika ingin dilakukan load balancing, kita bisa memanipulasi metrik, tetapi harus diingat bahwa load balancing harus dilakukan pada dua link yang identik (baik bandwidth maupun delay)
berikut contoh konfigurasi untuk router dengan dua link, asumsi ada dua serial, serial 0 dan serial 1, routing protokol yang digunakan OSPF, kemudian metrik pada serial-nya dimanipulasi dengan bandwidth 64 kbps.
untuk info lebih lanjut bisa cek di  www.cisco.com/tac atau www.cisco.com/go/documentation

router testing
interface serial 0
  ip address 10.1.1.1 255.255.255.252