Re: [PIKSI-L] concurrent dual link run on cisco

From asep <asep @ somewhere.in.the.world>
Date Tue, 17 Apr 2001 06:51:42 +0700 (JAVT)

On Mon, 16 Apr 2001, mochammad irzan wrote:

> tujuan menggunakan dua link ke network yang sama adalah untuk
> redundansi dan/atau load balancing. dan tidak perlu menggunakan BGP,
> yang penting routing-nya.

terimakasih banyak untuk jawaban Mas Irzan yg cukup clear.

so tanpa BGP pun bisa dua2 nya yach? (load balancing dan
redundansi-link). asal bukan static routing?

saya baca di "ISP Survival Guide" kalau dg BGP diperoleh load-balancing
untuk downstream saja (?) dan metrik yang digunakan adalah MED (multi exit
d???), salah satu path-attribute. diberi contoh ada dua autonomous-system
(AS) yg terhubung dg dua link. masing2 link bisa melewatkan dua subnet yg
tapi berbeda metrik MED nya untuk tiap subnet. yg terendah MED nya adalah
default path-routingnya.

o yach, apakah kasus ini mirip dg link turbonet punyanya telkom? karena
setahu saya ini pake dua link, dial-up untuk uplink dan link ke satelit
untuk downstream.

untuk satelit via vsat, mendingan astranet atau csm atau mana?

terimakasih banyak

salam,
asep