Re: [PIKSI-L] concurrent dual link run on cisco

From mochammad irzan <irzanm @ somewhere.in.the.world>
Date Tue, 17 Apr 2001 07:30:12 +0700
Sender mochammad irzan <irzanm @ somewhere.in.the.world>
User-agent Mutt/1.2.5i

secara default BGP tidak mendukung load balancing, tidak seperti routing protocol yang lain (RIP, OSPF, EIGRP, IGRP, IS-IS) yang secara default  mendukung load balancing secara default, untuk router cisco bisa sampai 6 jalur paralel. untuk BGP jika ingin melakukan load balancing, ada konfigurasi tambahan.
kalo MED pada BGP adalah attribute untuk mempengaruhi AS tetangga untuk memilih jalur masuk ke dalam AS kita, tetapi tingkat preferensi-nya masih dibawah local preference.
untuk kasus dual link, satelit dan dial-up, biasanya satelit digunakan untuk traffic downstream dan dialup untuk traffic upstream, konfigurasi-nya sih tidak perlu pake BGP, pake routing protocol yang lain atau bahkan statik pun bisa.
sebagai informasi TelkomNet, untuk koneksi dial-up-nya nggak jalan, so sekarang dia untuk upstream dan downstream pake jalur satelit, katanya sih dibohongin oleh vendor produknya (?).
mengenai provider satelit yang digunakan tergantung dari teknologi yang digunakan. secara umum ada dua jenis teknologi, yaitu point-to-point dan point-to-multipoint. point-to-point sama seperti leased line, bandwidth di dedikasikan khusus untuk satu sirkuit, sedangkan point-to-multipoint mirip seperti ethernet/cable modem, dimana ada shared channel yang digunakan secara bersama. teknologi kedua biasanya kelihatannya lebih murah, karena ratio bandwidth thd harga lebih rendah, tetapi kalo user-nya sudah banyak sama seperti ethernet

wassalam