Re: [PIKSI-L] nanya cisco ke irzan

From irzanm @ somewhere.in.the.world
Date Thu, 19 Apr 2001 05:32:58 GMT

di pusat-nya satu atau dua router ?
kalo dari gambar sih kayaknya satu router dengan dua
interfaces ke cloud frame relay ? (bener ?)
kalo misalnya di pusat pake dua serial ke frame relay cloud-
nya, maka dari cabang harus ada dua virtual circuit ke
pusat, yang satu ke serial s1/1 , yang satu lagi ke serial
1/2.
pake routing protocol apa saja, EIGRP, IGRP, RIP, OSPF,
akan secara otomatis membuat router cabang menggunakan
jalur backup kalo jalur utamanya mati.
cuma masalahnya adalah harga sewa frame relay. kalo tidak
salah service provider akan membebankan biaya berdasarkan
banyak-nya VC (Virtual circuit) yang disewa, oleh karena
itu kalo kita punya 10 cabang dengan 10 VC, maka jika di
pusat pake dua serial fisik yang berbeda/atau pun pake satu
serial fisik tetapi dengan VC yang redundant, maka biaya
sewa layanan akan naik.
oleh karena itu ada service provider frame relay yang
memberikan alternatif dengan cara routing VC di sisi
service provider. untuk kasus ini dari pusat ke setiap
cabang hanya ada satu VC, dan di pusat hanya ada satu
interface fisik, dan jika VC utama-nya mati maka service
provide akan langsung melakukan pemindahan jalur VC lewat
interface fisik yang lain. SP yang melakukan hal ini
seperti lintas arta

wassalam

> Hallo pak irzan, dulu saya pernah ditraining bscn :-)
sekarang saya ada
> kasus nihh, gambarannya kira-kira begini
>

> Branch ----------------- FR cloud ----------------HQ
s1/1   ip=
> 10.192.9.1/24 ; dlci 117
>  10.192.9.2/24             |
>   dlci 117                     |
>                                   |-----------------------
--HQ s1/2   ip =
> ?
>

> Bila di HQ saya mau buat redudansi ke FR cloud, agar
cabang-cabang yang lain
> tetap bisa terkoneksi bila main link di HQ putus apakah
bisa.....? saat ini
> saya pakai EIGRP, tidak pakai sub interface.
>

> thanks

asisten Piksi,
> ITB, Indonesia.
>
> Opini yang disampaikan di forum ini merupakan
pendapat/sikap
> pribadi, kecuali secara eksplisit dinyatakan lain, dan
*sama sekali*
> tidak berkaitan dengan kelembagaan Piksi ITB secara
formal.

unsubscribe @ somewhere.in.the.world

http://docs.yahoo.com/info/terms/