[PIKSI-L] Re: sedikit pertanyaan ringan...

From "Ikhlasul Amal" <amal @ somewhere.in.the.world>
Date Wed, 30 May 2001 04:42:37 +0700
Organization Kampung Angin Berdesir

[Tue, 29 May 2001, 02:45:42 -0000 2.2K] asep @ somewhere.in.the.world menulis
(diedit):
% saya masih belum terbiasa dg perl sehinnga pake turbobasic

	Benar-benar... esa hilang dua terbilang (motto Prajurit
	Siliwangi).

	Beberapa tahun lampau ada asisten yang tekun menggunakan QBASIC,
	Hadi (maaf, aku lupa nama lengkapnya; berasal satu propinsi
	dengan Fauziah), sampai aku beri gelar, "Pemrogram BASIC kedua
	di dunia setelah Bill Gates." Setelah itu Teni Tresnawati yang
	dengan keuletan dan ketabahan luar biasa masih mengajarkan
	bahasa pemrograman itu di kelas. Aku salut sekali dan
	mengusulkan nominasi 'award' untuk pencapaian seumur hidup
	('lifetime achievement'). Entah kenapa, setelah itu Teni menjadi
	generalis, soalnya setiap kami ketemu yang dia tanyakan
	benar-benar sudah berbeda jauh dengan pertanyaan di pertemuan
	sebelumnya.

	Asep, tanpa bermaksud membanding-bandingkan satu bahasa dengan
	lainnya, apa tidak capek melakukan pemrosesan teks menggunakan
	TurboBasic? Soalnya urusan template kan lebih banyak faktor
	pemrosesan teks, sementara tradisi di lingkungan DOS/Windows
	umumnya tidak dilengkapi dengan 'regular expression' (regex) dan
	BASIC sendiri tidak menyediakan pustaka untuk itu. (Bahkan ASP
	juga 'terlambat' dalam urusan ini; baru di edisi 3 (?) mereka
	menambahkan subrutin regex)

	Coba luangkan waktu "semalam berdua dengan Perl" nanti akan
	terasa sensasi luar biasa dari bentuk s/^(\s*)(\d+)(\s+)//
	(menghilangkan nomor baris dari program BASIC tua).

	Selanjutnya... terserah anda!

% apa bisa jalan di win? :p ... kalau gak, kayaknya musti yg pake perl-
% based agar bisa jalan anywhere running perl.

	Karena OpenSource, barangkali bisa ambil program sumbernya terus
	dikompilasi di Windows menggunakan C (Borland menyediakan
	kompilator C versi perintah baris, gratis). Hanya saja, kalau
	urusannya sudah masuk ke dalam sistem (port, system call), aku
	juga ragu apa bisa dibawa ke Windows, di tingkat program sumber
	sekalipun.

---end quoted text---

--
amal