[PIKSI-L] Re: sedikit pertanyaan ringan...

From "Ikhlasul Amal" <amal @ somewhere.in.the.world>
Date Thu, 31 May 2001 05:15:35 +0700
Organization Kampung Angin Berdesir

[Wed, 30 May 2001, 01:42:16 -0000 2.0K] asep212 @ somewhere.in.the.world menulis
(diedit):
% lumayan cape juga lho Mas, tapi tidak secape kalo saya baca manual
% perl yg lupa2 terus, esp. dg regular experssionnya itu yg memang
% powerful. saya bayangin satu saat ada IDE perl yg udah lengkap dg
% dokumentasi dan editing yg memudahkan.

	Yang menjadi melelahkan, menjemukan, karena kamu menggunakan
	Perl di Windows, benar?

	Perl itu habitat aslinya, semangat gaya penulisan programnya,
	sangat UNIX sekali. Coba saja, variabel $? (return value), itu
	bukan tradisi di Windows. IDE yang bagus dan lengkap sudah ada:
	gunakan vim (vi-improved) dan man perl. Di Linux.

		"Ada nggak yang lebih bagus dari vim?"
		"Yang lebih mahal banyak"
			-- adaptasi dari iklan Hit.

% saya masih menganggap basic2an ini paling produktif dg dan lumayan
% fleksibel. Dg program turbobasic 400kb an, saya sudah bisa do re mi
% fa, atau nyoba algoritma2 baru. bandingin dg pascal, C, atau
% pascal ... mungkin lebih fleksibel dan interoperable ... tapi
% produktifitas? esp for me

	Sampai 'fa' kan?
	Padahal bagian sol-la-si itu nada-nada yang menyenangkan dalam
	pemrograman...	:) (punten Kang Asep, guyon... guyon...)

	Ya, tidak apa-apa. Bagus saja.
	Salah satu persoalan pindah sistem, termasuk bahasa pemrograman,
	adalah 'kurva pembelajaran' ('learning curve'). Sebisa mungkin
	tidak perlu usaha yang berat untuk belajar lagi. Dengan latar
	belakang seperti itu, Perl menggunakan gaya penulisan seperti C
	dan skrip shell. Java juga mengambil penuh gaya penulisan OOP di
	C++. Bahkan Microsoft sampai menyediakan satu CD 'panduan
	pemrograman OOP untuk pemrogram Visual FoxPro'.

% pokoknya kita coba semua lho :)

	Jangan terlalu luas, banyak, dan umum, Sep.
	Umur kita tidak sepanjang Nabi Nuh dan kalau yang dikuasai
	banyak tapi (biasanya) tidak mendalam nanti jadi sama saja
	dengan kebanyakan orang lain. Tidak memiliki nilai tambah, kata
	orang HRD.

---end quoted text---

--
amal