[PIKSI-L] Re: Cara nolong rakyat kecil

From "Ikhlasul Amal" <amal @ somewhere.in.the.world>
Date Fri, 1 Jun 2001 04:53:58 +0700
Organization Kampung Angin Berdesir

[Thu, 31 May 2001, 13:07:41 +0700 7.2K] epsi menulis (diedit):
% ini bagus sekali
% alhamdulillah sebagian saya sudah melaksanakan dgn dasar pemikiran yg
% sama saya bukan utk pamer, tetapi juga utk mengajak secara konkrit
% (jadi mudah2an bukan sekedar meng-forward email saja)
%
---end quoted text---

	Sebenarnya hal itu sudah lama dikumandangkan oleh Gunnar Myrdal,
	salah seorang ekonom dari India. Tesis dia tentang ekonomi
	negara berkembang a.l. menyebutkan bahwa untuk mendorong roda
	perekonomian, penduduk negara berkembang justru harus
	membelanjakan uangnya sebanyak mungkin. Jadi berbeda dengan
	penduduk negara kaya, yang menabung penghasilannya, penduduk
	negara-negara miskin harus belanja, belanja, dan belanja terus,
	sehingga uang berputar dan ekonomi berjalan. Tentu saja yang
	dimaksud belanja di sini diutamakan pembelian produk dan jasa
	dalam negeri, karena kalau malah belanja barang impor, boros
	devisa lagi.

	Menurut Sri Edi Swasono (Beranda, TPI, Senin 28/5), yang disebut
	bangkrut sekarang ini adalah RAPBN. Ekonomi rakyat tetap jalan
	terus, dan 95% penduduk Indonesia belanja di pasar-rakyat.

	Karena saya tinggal di pinggir kota dan jauh dari keramaian, ya
	memang ke toko kecil dan warung untuk belanja sehari-hari. Yang
	kerap jadi masalah bagi saya untuk mempraktekkan ajakan Myrdal:
	saya sering tiba-tiba kehabisan uang buat belanja... :)

		"Hal yang aneh dari ekonomi adalah: kalau kita ketahuan
		naik bis tanpa membawa uang, kita segera diturunkan;
		sebaliknya, kalau ada uang tanpa pemilik naik bis, tidak
		ada yang menurunkan dia"	-- Emha Ainun Nadjib

--
amal
	Ayo tersenyum: negeri ini memerlukannya