Re: [PIKSI-L] Re: Cara nolong rakyat kecil

From "epsi" <epsi @ somewhere.in.the.world>
Date Fri, 1 Jun 2001 08:24:01 +0700

> Sebenarnya hal itu sudah lama dikumandangkan oleh Gunnar Myrdal,
> salah seorang ekonom dari India. Tesis dia tentang ekonomi
.... dst

apakah beliau ini juga sudah memperhitungkan bgm jika masyarakatnya merasa
lebih mudah atau gaya jika belanja di "dep.store" bukan "pasar", atau makan
"fried chicken" bukan makan "ayam goreng", merasa pengamen lampu merah itu
ancaman bukan ikut mbeliin nasi supaya suaranya lebih bagus atau punya duit
utk beli snar gitar yg lebih bagus?

>......dst
> negara-negara miskin harus belanja, belanja, dan belanja terus,

ini kan teori, kesannya Gunnar Myrdal asal ngomong
amal saja sering kehabisan uang buat belanja, apalagi rakyat yg lain :)

kayaknya inti masalahnya lebih kebidang politik-sosial-budaya bukan ekonomi
teori ekonomi lebih sederhana, para ahli ekonom tak berkutik dgn implikasi
politik-sosial-budaya
(contoh ya negara kita ini)

>....dst
> "Hal yang aneh dari ekonomi adalah: kalau kita ketahuan
> naik bis tanpa membawa uang, kita segera diturunkan;

ini pun salah!, di indonesia si kenek tinggal diplototin

> sebaliknya, kalau ada uang tanpa pemilik naik bis, tidak
> ada yang menurunkan dia" -- Emha Ainun Nadjib

emha ini memang aneh mikirnya, anak saya juga tahu... :)

epsi