[PIKSI-L] berbagi sedikit pengalaman

From fauziah @ somewhere.in.the.world
Date Wed, 6 Jun 2001 13:54:17 +0700

dear all,
menarik sekali mengikuti obrolan mas epsi, lam, dan temen-temen yang laen. saya jadi pengen membagi sedkit pengalaman saya kemaren waktu mengunjungi mauritius. kalo diliat dipeta dunia, mauritius itu cuma satu titik pulau di timur madagaskar di lautan Hindia. terus terang sebelum pergi (karena ternyata penerbangan dg SQ cuma seminggu sekali, sehingga saya naik Air mauritius) saya sudah bersu'udzhon. berbagai informasi diwebsite menunjukkan kalau sebagian besar penduduknya adalah India, kemudian sedikit Cina. andalan utama ekonominya adalah monocrop (tebu), GDP/cap-nya lumayan sekitar US$3500, merdeka tahun 1968, sebelumnya pernah dijajah Inggris dan Perancis. saya sudah membayangkan kekumuhan dan antisipasi berbagai "kerepotan" serta tentu saja tidak berharap banyak....
tapi begitu sampai disana dan berbicara banyak dg orang-orang baik dari pemerintahan maupun pengusaha, terus terang saya terkagum-kagum. belum lagi berbagai faktor lain yang surprising bagi saya, pelayanan air mauritius tidak kalah dg SQ, sopir taxi sangat welcome dan friendly, memberikan anjuran mengenai objek yang sebaiknya kami datangi (jadi guide juga...) terus kita ninggalin tas ditaxinya aman-aman saja (padahal kalo dia ngabur, saya nggak inget tampangnya dan nomor mobilnya), tidak ada pengemis, pengamen dan sejenisnya (ternyata unemployment rate-nya 0%), katanya sih sekali ada kejahatan, bisa masuk koran sampe 3 bulan (jadi malingnya nggak tahan digosipin kali..)
50% beragama Hindu, sekitar 20% Islam, 15% Kristen, sisanya ada Budha dll. Presidennya Islam, PM Hindu, wakil PM Kristen. mereka antusias mengenai politik, tapi tidak berminat sampai turun ke jalan... karena mereka pikir sistem yang berjalan cukup fair, artinya siapa yang dipilih terbanyak dia yang terbaik... semua orang minimum menguasai 3 bahasa: perancis, inggris, dan creole (broken french).
sebelum merdeka, mereka telah menyusun konsep pembangunan politik dan ekonomi. mereka tahu bahwa monocrop tidak dapat jadi andalan masa depan, sehingga mereka bergeser ke industri (mula-mula manufaktur kemudian IT). mereka sekarang sedang membangun cyber-city dan akan meng-connect-nya dg Kuala Lumpur, Hongkong, London, dan Paris. mereka bikin peraturan, hotel/resort yg dibangun didaerah pantai maks. 3 lantai, pengawasan amdalnya ketat dan harus saya akui pantainya lebih indah daripada Bali atau Lagoi (Bintan) atau bahkan Malta.
Dan yang paling menarik ini: Gus Dur tercinta itu cukup terkenal disana.... dalam artian negatif.... :(
salah satu pengusaha ada yang bilang begini: I can't believe it... How could be an oldman and blind as a President.. where many talented, brilliant, and young persons out there in over 200 millions people. (sorry bagi pendukung gus dur... but it's really happened..)
Saya jadi mikir... beberapa tempat yang pernah saya datangi... tidak punya sda yang melimpah seperti Indo... pernah dijajah juga, multi-etnis bahkan multi-ras dan multi-agama. Tapi mereka bisa maju, aman dan mengharmoniskan mix multi-multi tsb. jadi kemajuan suatu bangsa terutama sekali tergantung orangnya. Sering saya merasa orang eropa, jepang, dan amerika lebih ramah-tamah dibanding bangsa kita (yg dulu digembar-gemborkan ramah dan helpful). berapa sering kita saling tersenyum dan berbasa-basi dg orang lain dijalan? berapa banyak orang yang minta bantuan dijalan malah ditipu atau disesatkan? tentu saja tidak semuanya, tapi sekarang banyak orang merasa tempat ini menjadi tidak ramah lagi (terutama jakarta). mudah-mudahan saya salah...
sorry kalau tidak menarik dan kepanjangan...

salam,
fau

Yahoo! Groups Sponsor
Check out great fares at Orbitz!