[PIKSI-L] Topik sekarang: balasan untuk Riski (d.h. Re: Holaaaa... - Ganti topik dong)

From Ikhlasul Amal <amal @ somewhere.in.the.world>
Date Sat, 25 Aug 2001 14:12:44 +0700
Organization UPT Komputer Piksi, ITB

[Sat, 25 Aug 2001, 09:10:01 +0700 2.0K] Riski.Witjaksono @ somewhere.in.the.world
menulis (diedit):
% Mbok yao, jangan terlalu fatalis, sinis, dan pesimis begitu.
% Mungkin maksud-nya mengajar tambahan pd hari Sabtu-Ahad
% tujuannya untuk pengabdian - mengabdikan ilmu.
% Hari lainnya utk mencari nafkah.
%
---akhir kutipan---

	Kalau ada email balasan dari Riski Witjaksono,
	sekurang-kurangnya dua hal yang aku ingat: yang pertama rasa
	terima kasihku karena beliau selalu menuakan diriku (apakah
	memang kenyataannya seperti itu atau obsesi beliau untuk muda
	terus? :), dan kedua, aku terkena sinyalemen pesimis, fatalis,
	dan sinis.

	Padahal sudah berulangkali aku kutipkan kata-kata yang penuh
	semangat, mengajak memandang besok dengan cerah, dan menyiasati
	kepedihan hari ini dengan senyum. Memang hasilnya menjadi sinis;
	bagaimana tidak, kepedihan bersisi-kebalikan dengan senyum, dan
	harus kita tangani bersamaan. Humor-humor bagus dari
	bangsa-bangsa yang terhimpit (ekonomi, politik, sosial) selalu
	penuh satir, sinis, tapi cerdas. Amerika hanya punya satu Art
	Bluwchart; sementara kita memiliki Farid Gaban, Komeng, Asmuni,
	Bagito, Emha, Zaim Uchrowi, yang semuanya penuh 'suspens'...

	Kalau soal setelah sepekan kita berjuang sambil bekerja,
	selanjutnya dua hari sisanya melakukan kegiatan sosial, itu
	bukan dalam rangka menambah penghasilan. Tulisanku semula tidak
	mengurus homo socialicus seperti itu, dan seandainya pun dia
	makan secukupnya kemudian sisanya digunakan untuk kegiatan
	sosial terus, ya silakan saja. Tidak usah dipedulikan.

	Berkebalikan dengan kondisi itu, seandainya protein yang kita
	konsumsi berkurang terus, pendidikan anak yang ekivalen dengan
	jumlah uang yang meroket, tempat tinggal layak yang seharusnya
	didiami setiap warga, maka rasa sedih saya kepada korban dari
	kondisi tersebut dan rasa prihatin saya kepada penyelenggara
	sistem yang berlaku sekarang ini.

	Coba bayangkan, kalau kita sampai harus bekerja mengucurkan
	keringat, air mata, dan barangkali darah, untuk memenuhi
	keperluan kita, kemungkinannya hanya dua: daftar kebutuhan (atau
	'daftar kekurangan'?) kita sudah menyamai Donald Trump (atau
	Krisdayanti, yang diisukan ultah anaknya menghabiskan 100 juta
	rupiah?), atau kita semua adalah budak yang dipecut untuk
	membangun piramida Mesir.

	Ambisi pribadi yang luar biasa atau sistem yang buruk.
	Keduanya menyedihkan.
	Keduanya sasaran satir yang asyik.

	"Sekalipun gaji hanya cukup buat kakus,
	rekreasi sih harus..."
			-- syair salah satu lagu Iwan Fals

	"Di Internet, bisnis yang saudara jalankan harus bersandar pada
	server yang sanggup bekerja terus 24 jam sehari, 7 hari sepekan"
			-- iklan Compaq

	Kami juga bekerja terus sepanjang umur, sampai sekarang belum
	pernah rekreasi.
			-- ikatan pengangkat barang di Pasar
			Bringinharjo, Yogyakarta (imaginer)

	Selamat bekerja, Riski.
	Semoga kebaikan menyertaimu dan keluarga.
	Amin ya rabbal alamin.

--
amal
	Ayo tersenyum: negeri ini memerlukannya