RE: [PIKSI-L] System Backup

From "Indra I.A.S" <indraias @ somewhere.in.the.world>
Date Tue, 28 Aug 2001 08:05:53 -0700 (PDT)

Alhamdulillah.

Saya mencoba menjawab pertanyaan saudara Ghofur sbb:

--
> 1. Alokasi cost disini..tentunya yang pilih yang
> paling murah
> donk....terus terang...alokasi dana belom
> ada.....justru tergantung pada
> entry-nya yaitu dengan keyword: Easy to use and
> Reliable.....dari sini
> saya harapkan ada list solusi dan harganya......

-- Ok kita coba lihat solusinya dulu baru cost-nya.

--
> 2. Recovery yang dibutuhkan beragam, tetapi yang
> paling minim itu sekitar
> 30 ~ 60 menit.

-- Kita asumsikan saja 30 menit per PC

--
--
OK.
Perubahan hanya sebulan sekali dan data akuisisi juga

Karena data-data di DCS sudah ada backup-nya mari kita
konsentrasi ke data-data aplikasi dan si-OS-nya itu
sendiri.

OK Kita langsung ke solusi:

1. Yang paling murah (dan tentu saja paling repot)
adalah seperti yang Depi sudah terangkan yaitu dengan
menggunakan Norton Ghost (atau program hantu-hantu
lainnya), tapi frekuensi backupnya cukup sebulan
sekali (baik ada ataupun tidak ada modifikasi).

RAID 1 sebenarnya baik juga untuk backup O/S tetapi
untuk applikasi tidak disarankan. Kenapa? Yang sering
terjadi di NT adalah kerusakan secara logik dan bukan
fisik. Sehingga jika disk yang mengandung data
aplikasi tadi di mirror maka kerusakan logik tersebut
akan ikut termirror. Jadi backup 'beneran' masih lebih
baik untuk applikasi.

Dengan menggunakan solusi nomor 1 satu ini, maka waktu
restore kurang lebih 30 menit untuk mentransfer data
sebesar kurang lebih 3.6 GByte disk dengan asumsi
transfer rate 2MByte/s untuk fast-ATA. Jika anda pake
SCSI (apalagi SCSI-3 dengan speed efektif 40 MByte/s)
tentunya waktu restore menjadi lebih cepat lagi.

2. Yang agak mahalan dikit (dan masih sedikit repot)
adalah dengan men-jaringan-kan kesemua system tadi dan
membackupnya ke satu backup server. Softwarenya
sendiri dapat menggunakan software hantu-hantuan tadi
(kalau mau murah).

Dengan solusi nomor dua ini, maka bottleneck tambahan
ada di network. Jika Ghofur menggunakan network
10Mbps, maka maksimum data transfer dari backup server
ke client yang crash maksimum sebesar 600KB/s atau
sekitar 1 GByte per 30 menit (dengan asumsi disk
read/write throughput masih lebih besar dari 600KB/s).

Jika data rata-rata per-sekali restore lebih besar
dari 1 GByte, maka pakelah network fast-ethernet
sehingga restore rate jadi sekitar 10GB per 30 menit.
Tapi jika memang kebutuhan Ghofur adalah sampai 10GB
per 30 menit, maka jelas disk-nya harus diganti dong
bukan yang tadi saya asumsikan diatas (3.6 GB/30
menit). Gantilah dengan SCSI (enggak usah yang scsi 2
atau 3) sehingga transfer ratenya bisa 18 GB / 30
menit.

Supaya tidak terlalu repot, buatlah script untuk
otomasi proses backup per-bulan ini. WIndows NT
scheduler bisa digunakan untuk keperluan ini
bersama-sama dengan batch file atau Windows Scripting
Host atau perl atau whatever scripting yang Ghofur
suka deh.

3. Solusi yang mahal tapi repotnya mulai berkurang
yaitu dengan menggunakan tape drive yang diattach ke
backup server. Menurut pengalaman, jangan pernah
menggunakan backup software standard si NT, dijamin
amburadul. Gunakan backup software sperti veritas,
arc-serve, atau legato.

Kalau kita menggunakan tape drive super-DLT yang
speednya 15 MByte/s (atau 30 MB/s compressed) maka
kita dapat merestore sampai sebesar 54GByte/ 30 menit.
Hmm sepertinya sudah berlebihan ya untuk HMI? Ya nggak
apa-apa toh namanya juga usul.

4. Yang paling mahal dan tidak repot (cuman sekali pas
configure doang) yaitu dengan tape library yang
diattach di backup server plus backup softwarenya.
Jika terjadi crash, tinggal masukkin boot disk terus
tinggal tidur deh. Jadi 30 menit (bahkan kurang)
server yang ter-recovered.

Sekian usul saya semoga bermanfaat.

Wassalaamuu'alaiku.wr.wb
Indra I.A.S