Arsip Piksi-L

Tanggal Sebelumnya Tanggal Berikutnya Ulir Sebelumnya Ulir Berikutnya

Indeks - Tanggal   Indeks - Ulir Diskusi

[PIKSI-L] Hati-2 dengan Kartu Mentari Anda ! (Pulsa Isi Ulang Mentari Dibobol)

From "Heru Sunandar" <heru @ somewhere.in.the.world>
Date Fri, 31 Aug 2001 08:05:01 +0700
Cc <piksi-l @ somewhere.in.the.world>, <asisten @ somewhere.in.the.world>

 
 
Konsumen Gagal Hubungi Satelindo
‘Maaf Operator Kami Sedang Sibuk’
Reporter: Sigit Widodo

detikcom - Jakarta,Kekecewaan konsumen kartu telepon seluler (ponsel) prabayar Mentari dari Satelindo tampaknya masih berlanjut. Kamis (30/8/2001), semua nomor telepon customer service ponsel Satelindo tidak dapat dihubungi.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa konsumen Mentari mengeluh karena pulsa isi ulang yang dibelinya tidak dapat digunakan. Ini disebabkan terjadinya pembobolan pada 13 kode pulsa isi ulang mentari yang dikeluarkan Satelindo.

Uniknya bersamaan dengan merebaknya keluhan ini, nomor-nomor service ponsel Satelindo malahan tidak dapat dihubungi. Nomor bebas pulsa 555 yang biasanya bisa dihubungi melalui ponsel dengan kartu Mentari, saat ini tidak bisa dihubungi.

Operator layanan customer service lainnya di nomor (021) 5438-8888 hari ini juga tidak dapat memberikan jawaban. Nomor ini memang dapat dihubungi, namun ketika pelanggan memilih opsi dihubungkan dengan customer representatif, hanya terdengan nada sambung tanpa ada jawaban dari customer representatif tersebut.

Seorang pelanggan mengaku mencoba menghubungi kantor pusat Satelindo di nomor telepon (021) 545-1745. Namun dia hanya mendapatkan pesan berbunyi, “Maaf, operator kami sedang sibuk". Setelah menunggu beberapa menit dengan suguhan lagu Roxeanna-nya Toto, pelanggan tersebut memilih untuk memutuskan sambungan teleponnya. Saat detikcom mencoba menghubungi nomor-nomor telepon tersebut, didapatkan hasil yang serupa.

Namun tampaknya Satelindo sudah memblokir kelemahan sistem pengacakan pulsa isi ulang ini. Seorang karyawan di kawasan Jakarta Pusat mengaku Rabu pagi (29/8/2001) berhasil membobol pulsa hingga Rp 700 ribu. “Tapi sejak pukul 10.00 kemarin (Rabu-Red), sudah tidak bisa lagi,” ungkapnya. (sgt)


 
Pulsa Isi Ulang Mentari Dibobol
Reporter: Sigit Widodo

detikcom - Jakarta,Sistem pengisian pulsa isi ulang telepon seluler (ponsel) prabayar Mentari dengan kode 13 digit ternyata tidak aman. Beberapa pelanggan Mentari, Kamis (30/8/2001), mengirimkan email ke detikcom. Mereka mengeluh karena voucher Mentari yang dibelinya ternyata sudah digunakan oleh orang lain.

Mentari yang merupakan produk prabayar dari PT Satelindo menggunakan sistem pengisian yang sama dengan layanan ponsel prabayar lainnya. Pelanggan yang ingin mengisi ulang pulsanya dapat membeli voucher isi ulang dalam bentuk kartu atau membelinya melalui ATM. Pelanggan kemudian mendapatkan 13 nomor yang harus dimasukkan melalui ponselnya.

Tentunya Satelindo mengacak nomor-nomor kode yang dikeluarkannya secara otomatis. Yang jadi masalah, tampaknya terdapat celah dalam pengacakan yang berhasil dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu.

Seorang pedagang ponsel di kawasan Roxy, Jakarta, mengungkapkan, voucher Mentari yang sudah digunakan dapat dipergunakan kembali. Caranya dengan mengubah angka kedelapan dari voucher tersebut dengan angka 2. Jadi misalnya voucher dengan kode 6293212170845 dapat dipergunakan kembali dengan mengubah angkanya menjadi 6293212270845.

Yang menjadi koban tentunya pelanggan yang mendapatkan voucher dengan nomor 6293212270845 tadi. Saat hendak digunakan, voucher tersebut akan dinyatakan tidak berlaku lagi karena telah digunakan.

Repotnya, kelemahan metode pengacakan ini sudah tersebar luas melalui internet. Menurut pedagang ponsel yang tidak mau disebutkan namanya itu, rahasia ini bahkan sudah diketahui oleh seluruh pedagang ponsel di kawasan Roxy.

Beberapa pelanggan yang mengirimkan email ke detikcom mengaku kehilangan pulsa seharga ratusan ribu akibat pembobolan ini. Bahkan ada yang mengisi pulsanya sebesar satu juta rupiah lebih.

Belum ada penjelasan resmi dari PT Satelindo berkaitan dengan kasus ini. Nomor telepon layanan pelanggan 555 yang bisa diakses secara gratis dari ponsel Mentari, hari ini tidak bisa dihubungi. (sgt)


Source : www.detik.com


Yahoo! Groups Sponsor
ADVERTISEMENT

----------
Piksi-L @ somewhere.in.the.world merupakan 'mailing-list' alumni asisten Piksi,
ITB, Indonesia.

Opini yang disampaikan di forum ini merupakan pendapat/sikap
pribadi, kecuali secara eksplisit dinyatakan lain, dan *sama sekali*
tidak berkaitan dengan kelembagaan Piksi ITB secara formal.

Untuk berhenti, kirim email ke piksi-l-unsubscribe @ somewhere.in.the.world
Pengelola Piksi-L: piksi-l-owner @ somewhere.in.the.world
Informasi Piksi-L: http://www.yahoogroups.com/group/piksi-l


Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of Service.

 

Dihasilkan pada Thu Sep 22 18:42:09 2005 | menggunakan mhonarc 2.6.10