[PIKSI-L] Re: [ASISTEN] Nanya sesuatu

From Irwanto Mursetiono <irwan @ somewhere.in.the.world>
Date Thu, 26 Sep 2002 14:26:26 +0700 (JAVT)
Cc piksi-l @ somewhere.in.the.world

database MySQL kali ?
ceritanya ini konvert dari MySQL ke Excel ya ?
kalo iya, bisa memakai DB Tools (d/l di ftp://gajah.ee/pub/mysql/)
kemudian setelah diinstall (di windows) konek kan ke database trus export
database (table) ke dalam bentuk xml
setelah itu file xml tsb dibaca dari Excel

tapi kalo membuat aplikasi php nya, mungkin clue nya spt ini :

buat file php, misal : getmhs.php

 <?

 mysql_connect('localhost','root','root');
 mysql_select_db('db_mhs');
 $fp=fopen("listmhs.txt",w);

 $q=mysql_query("select * from tabel_mhs");
 while($stuff=mysql_fetch_array($q))
 {
  fwrite($fp,"\"".$stuff["nama"]."\";");
  fwrite($fp,"\"".$stuff["alamat"]."\";");
  fwrite($fp,"\"".$stuff["email"]."\"\n");
 }

 ?>

kemudian file tersebut dieksekusi bisa dari web atau command line (asal
php sudah diconfigure utk php command line)
contoh dari command line
 # php getmhs.php

akan terbuat sebuah file bernama listmhs.txt, trus file ini bisa dibuka
dari Excel dengan spec :
 File Type : Delimited
 Delimiters : Semicolon
 Text qualifier : "

semoga masalah yg kutangkap benar dan ini bisa membantu.

-moers-

On Thu, 26 Sep 2002, Andhy W wrote:

> Assalaamu 'Alaikum Wr. Wb.
> Saya ada tugas untuk membuat sebuah aplikasi untuk mengconvert data dari
> database PHP ke dalam excel. Ceritanya begini.
> Jurusan(baca:sekarang departemen) mendapatkan nama-nama yang mengambil
> suatu mata kuliah harus download dulu dari BAA dengan format kayak di
> notepad(teks). Di situ ada nomer, nama, NIM tetapi bentuknya bukan
> kolom-kolom seperti di excel dan masih nyambung-nyambung.
> Ilustrasinya begini :
> Nomer  Nama  NIM
> 001 Andhy   13497036
> dst
> [...]